diposkan pada : 20-11-2020 16:54:22

Siapa sih yang mau handphone-nya diretas? Semua orang termasuk kamu tentunya tidak ingin mengalami kejadian handphone disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, kan? Gimana mau coba, saat handphone tersebut diretas, maka semua data maupun kegiatan yang dilakukan di handphone pun bisa diketahui dengan mudah oleh cyber jahat. Namun, terkadang keinginan ini pun bertolak belakang dengan kenyataan yang ada, karena banyak dari pelaku cyber yang berhasil meretas data pribadi milik para korbannya. Meski, teknologi sudah sangat canggih terlebih tersedia pula layanan sistem telepon PABX, akan tetapi terkadang kejahatan ini pun tidak bisa dihindari.

Untuk itu, ketahui terlebih dahulu beberapa tanda jika handphone kamu diretas oleh pihak yang curang rangkuman dari hipwee, check it out:

  1. Kapasitas baterai mengalami penurunan. Apakah kamu pernah mengalami kejadian baterai handphone terkuras habis padahal sedang tidak digunakan? Kamu harus waspada dengan keadaan ini. Mengapa? Tidak menutup kemungkinan, handphone kamu sedang diretas oleh pihak ketiga. Dimana, saat terjadinya peretasan ini, biasanya semua kegiatan yang kamu lakukan direkam oleh pihak jahat kemudian langsung dikirimkan kepadanya. Alasan inilah yang mengakibatkan baterai handphone-mu cepat habis.
  2. Handphone tiba-tiba restart sendiri. Tanpa disengaja, handphone kamu nge-restart secara tiba-tiba? Hati-hatilah dengan kondisi ini, karena kemungkinan besar handphonemu sedang disadap oleh pihak luar. Di samping itu, ketika kamu tidak mengoperasikan aplikasi dihandphone, namun tiba-tiba handphone mengunduh sebuah program maka ini juga patut untuk dicurigai. Ini bisa jadi dari pelaku cyber yang berusaha untuk mengambil alih handphone-mu.
  3. Suhu handphone sangat panas. Suhu handphone yang mengalami peningkatan patut loh kamu waspadai. Hal ini karena bisa jadi handphone kamu sedang disadap oleh pelaku cyber, yang diam-diam melakukan pengiriman data. Memang sih, suhu yang meningkat pada handphone ini bisa disebabkan karena terjadi kerusakan di handphone atau sedang digunakan di suhu panas, tapi jika handphone tersebut hanya kamu letakkan di atas meja dan tidak dipakai maka bisa dipastikan handphone-mu sudah diretas oleh orang lain.
  4. Kirim pesan sangat lama. Membutuhkan waktu yang lama untuk mengirimkan pesan menjadi hal yang biasa terjadi sebelum teknologi maju. Namun saat ini pengiriman pesan bisa dilakukan dengan cepat dengan bantuan teknologi. Nah, jika terjadi delay dan memakan waktu lama saat pengiriman pesan, maka ini juga wajib kamu waspadai. Karena berkemungkinan handphone kamu sudah disadap oleh orang lain. Meskipun kondisi ini bisa pula diakibatkan karena internet yang lemot, tapi jika kamu sedang tidak menggunakan internet hanya mengirim pesan singkat namun tetap lama sudah pasti handphone kamu sudah diretas.